Kamis, 18 Februari 2016

Di Jepang, Modifikasi Mobil Keren Jadi Sasaran Anime! Itasha Namanya!

Di Jepang, Modifikasi Mobil Keren Jadi Sasaran Anime! Itasha Namanya!

Modifikasi Mobil Keren di Jepang Bernama Itasha
Modifikasi Mobil Keren di Jepang Bernama Itasha | Foto : www.fjcruiserforums(com)
Penulispro.com - Tahukah Anda modifikasi mobil keren di Jepang? Secara harfiah, itasha itu artinya ‘mobil yang tersakiti’, merupakan satu istilah di dalam bahasa Jepang untuk sebuah hobi menghias bodi mobil dengan tokoh-tokoh fiktif dari manga, anime, atau permainan video, terutama permainan Eroge atau Bishojo. Adapun hiasan yang dipakai untuk modifikasi mobil khas Jepang ini umumnya berupa stiker dan skema cat.

Itasha, Modifikasi Mobil Keren ala Anime yang “Menyakitkan Dompet”!

Pada era 1980-an, saat Jepang sedang berada di puncak kekuasaan perekonomiannya, semua jalanan di Kota Tokyo saat itu dibanjiri dengan parade mobil impor yang mewah. Dari berbagai macam mobil mewah tersebut, Itasha ternyata paling banyak peminatnya.
Pada masa itu, Itasha adalah singkatan dari Itaria-sha, yang berarti mobil impor dari negara Italia. Tapi kini, ‘Itasha’ dengan makna tersebut hanya dipakai untuk permainan kata-kata.
Pada 1990-an, istilah ‘Itasha’ untuk sebutan mobil yang dimodifikasi atau dihias mulai digunakan. Istilah modifikasi mobil keren Itasha adalah hasil dari penggabungan 2 kata dalam bahasa Jepang, yaitu itai yang artinya ‘menyakitkan’ dan sha yang artinya ‘kendaraan’.
Dalam hal ini, itai bisa juga diterjemahkan menjadi “tersakiti karena malu” atau “menyakitkan dompet” karena memang biaya untuk modifikasi mobil keren seperti ini sangatlah tinggi.
Kumpulan Mobil Van Itasha yang Dipenuhi Sayap
Kumpulan Mobil Van Itasha yang Dipenuhi Sayap
Kumpulan Mobil Van Itasha yang Dipenuhi Sayap | Foto : aburizalbintang.blogspot(com)
Itasha yang bisa diartikan sebagai ‘mobil sakit’ merupakan julukan untuk kendaraan roda empat yang dihias body kit serta cat menggambar tokoh-tokoh anime dan semacamnya. Istilah ‘mobil sakit’ diberikan karena mobil-mobil ini akan ‘menyakiti mata’ orang normal.
Menyakiti mata dalam artian modifikasi mobil keren ini akan terlihat “sakit” ketika dilihat di jalan. Bukan sakit secara fisik, tetapi ketika orang melihat mobil jenis ini, dirinya secara spontan pasti akan berkata “Ita!” yang artinya ‘Aduh!’, karena keunikan dari mobil ini.
Orang yang melihat mobil-mobil ini mungkin hatinya akan terasa ‘sakit’atau aneh karena terheran-heran kepada orang yang sangat menyukai anime sampai-sampai mendandani mobilnya sesuai dengan fantasi mereka masing-masing.
Ada satu hal lagi yang perlu diketahui, yaitu banyak Itasha di Jepang yang mengadaptasi atau meniru gaya Bosozoku. Apa itu Bosozoku?
Bosozoku adalah gaya anak-anak berandalan yang gemar melanggar aturan berkendara seperti memodifikasi kendaraannya dengan lebih mengeraskan bunyi knalpotnya, tipe berandalan dalam manga atau anime yang sering kita lihat.
Untuk modifikasi mobil, pecinta Itasha meniru gaya Bosozoku dengan menambahkan sayap ataupun wide body kit seperti Group 5 Car pada tahun 1970-an.
Terdapat juga sebuah komunitas Itasha yang khusus memodikasi mobil van dan biasanya mereka sering berkumpul bersama untuk membanding-bandingkan hasil modifikasi mobil van mereka masing-masing.
Nah, berikut ini adalah kumpulan Itasha jenis mobil van di Jepang yang dijamin akan membuat Anda takjub karena mobil-mobil mereka dipenuhi sayap.
Itasha Mobil Vans yang Penuh Warna-warni
Itasha Mobil Vans yang Penuh Warna-warni | Foto : www.pinterest(com)
Itasha Mobil Vans Warna Kuning Dipenuhi Sayap
Itasha Mobil Vans Warna Kuning Dipenuhi Sayap | Foto : www.alien2nrs(com)
Japanese Vanning
Japanese Vanning | Foto : www.clubxb(com)
Japanese Vanning Madness
Japanese Vanning Madness | Foto : aburizalbintang.blogspot(com)
Japanese Vanning Madness yang Keren
Japanese Vanning Madness yang Keren | Foto : www.thepetrolstop(com)
Japanese Vanning Madness Meluncur di Jalanan | Foto : www.flickr(com)
Modifikasi Mobil Van ala Anime di Jepang | Foto : news.hatchlife(net)
Itasha Warna Putih Keren Abis
Itasha Warna Putih Keren Abis | Foto : www.speedhunters(com)
Modifikasi Itasha Unik Banget
Itasha Tak Hanya Mobil Van!
Modifikasi mobil Itasha tak hanya sebatas mobil van yang besar-besar, jenis mobil lainnya pun banyak diubah menjadi Itasha. Beberapa penampakan Itasha selain mobil van bisa dilihat di sini.
Painful Car
Painful Car | Foto : forum.jdmstyletuning(com)
Itasha Tak Hanya Mobil Van
Itasha Tak Hanya Mobil Van | Foto : www.myalza(com)
Lamborghini Diablo Itasha
Lamborghini Diablo Itasha | Foto : japaneseitasha.blog138.fc2(com)
Sedan Itasha yang Keren
Sedan Itasha yang Keren | Foto : japaneseitasha.blog138.fc2(com)
Sedan Itasha di Jalanan Tokyo
Sedan Itasha di Jalanan Tokyo | Foto : tokyobling.wordpress(com)

Japanese Itasha | Foto : www.japanstyle(info)
Itasha Khas Jepang | Foto : www.speedhunters(com)
Festival Itasha di Jepang
Festival Itasha di Jepang | Foto : otakumode(com)
Itasha Nissan Stagea | Foto : www.deviantart(com)
Lamborghini Itasha
Lamborghini Itasha | Foto : www.kaorinusantara(or.id)
Itasha Ferrari
Itasha Ferrari | Foto : japaneseitasha.blog138.fc2(com)
Wah, modifikasi mobil keren ala anime di Jepang ini memang sangat unik dan penuh dengan kreativitas. Bagaimana dengan di Indonesia? Silahkan dandani mobil Anda seperti Itasha di Jepang!

0 komentar:

Posting Komentar