Senin, 08 Februari 2016

Untuk Pertama Kalinya, SUV Jaguar Akan Lahir di Tahun 2015

Untuk Pertama Kalinya, SUV Jaguar Akan Lahir di Tahun 2015
SUV-Jaguar
Blog Otomotif –  Sekitar dua tahun yang lalu, produsen mobil asal Inggris, Jaguar mengumumkan berita mengejutkan bahwa pada tahun 2015 nanti mereka akan mengeluarkan mobil yang bakal bermain di segmen SUV (Sport Utility Vehicle). Baru-baru ini sumber internal Jaguar membocorkan gambaran desain kepada Auto Express, yang disinyalir merupakan wujud dari SUV Jaguar di masa depan tersebut.
Diperkirakan, model SUV Jaguar itu akan mengusung nama Q-Type atau XQ, mengingat kedua nama tersebut telah didaftarkan oleh Jaguar ke database merek dagang Uni Eropa. Saat ini mobil tersebut tengah dimatangkan konsepnya, dan dirancang untuk memadukan unsur kemewahan dan sportifitas.
Dari spekulasi yang beredar sebelumnya, SUV baru itu akan menggunakan platform yang membentuk dasar dari Range Rover Evoque. Namun kabar terbaru menyebutkan SUV tersebut akan menggunakan sasis sebuah Jaguar generasi mendatang yang akan menjadi pesaing BMW Seri 3.
Jika menilik bocoran gambar desain SUV Jaguar yang banyak tersebar di dunia maya tersebut, lupakan desain gagah dan boxy (siluet mengotak) khas Land Rover karena sepertinya Jaguar lebih memilih model yang lebih tampak simpel dan elegan. Sekilas tampangnya perpaduan antara garis sedan mewah (rendah) di depan dan tongkrongan SUV (tinggi) di belakang.
Selain itu ciri khas Jaguar juga masih tetap dipertahankan. Lihat saja seperti pada gril ovalnya yang besar, dipadu dengan kap datar dan bemper sporty. Nuansa gagah dan elegan semakin terasa di belakang dengan overhang pendek dan pilar C yang dihitamkan. Lampu belakang yang tinggi, mirip dengan F-Type.
Mengikuti tren masa kini, SUV ini dirancang dengan ukuran kompa. Seperti XJ, platform aluminium tetap dipertahankan untuk menurunkan berat sekaligus menghemat ongkos produksi. Tampaknya model ini juga akan diberi fitur fuel-saving electric power steering, seperti yang dikembangkan pada supercar C-X75.
Bicara tentang sumber tenaga, diperkirakan mobil ini akan mengusung mesin empat silinder. Adapun komposisi mesin yang akan digunakan kemungkinan antara mesin bensin 2.000cc Si4 turbo dengan tenaga 240 bhp, atau mesin diesel 2.200cc SD4, sama seperti yang ditanamkan pada Range Rover Evoque.
Pun demikian, kedua jantung pacu tersebut kabarnya akan dikembangkan menjadi lebih irit dan bertenaga. UKarena itulah, sepertinya transmisi ZF Auto 8 percepatan dan tuning akan turut disertakan untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.
Sementara khusus untuk varian paling tingginya akan dipersenjatai dengan mesin 3.000cc supercharged V6 hybrid bertenaga 340 bhp, yang akan diberikan sebagai pilihan. Tidak itu saja, desas-desus bahwa SUV Jaguar ini nantinya akan dibekali dengan teknologi mesin hybrid seperti C-X75 juga santer diberitakan di dunia maya.
Banyak yang menduga, salah satu alasan kenapa Jaguar mulai berpikir untuk bermain di pasar SUV tak lain dikarenakan saudaranya yakni Land Rover kini semakin sukses di pasaran.Dampak dari keputusan produsen mobil Jaguar yang ingin melahirkan mobil bergenre SUV ini sudah sangat jelas.
Dapat dipastikan kelahiran SUV Jaguar tersebut nantinya akan menambah panas peta persaingan diantara para produsen mobil mewah. SUV anyar dari Jaguar ini nantinya akan menjadi lawan serius bagi BMW X3 dan Audi Q5.

0 komentar:

Posting Komentar